Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Ungkep

cara membuat ayam goreng
ayam goreng ungkep

Cara membuat ayam goreng ternyata sangat mudah. Menggunakan beberapa bumbu rempah yang dihaluskan membuat ayam goreng yang dihasilkan menjadi gurih dan nikmat. Ayam goreng adalah hidangan yang sangat disukai. Kita banyak jumpai restoran yang menyajikan ayam goreng pada menunya. Tetapi siapa sih sebenarnya penemu ayam goreng pertama kali?

Menurut Kompas.com dalam artikelnya yang berjudul “Siapa Penemu Ayam Goreng”, penemu ayam goreng tidak diketahui secara pasti, namun sejarah ayam goreng diawali ribuan tahun berasal dari Cina, Timur Tengah,dan Afrika Barat. Resep ayam goreng pertama ditemukan pada tahun 1747 yang dibuat oleh Koki Inggris, Hannah Glasse.

Sedangkan ayam goreng gaya Amerika dipercaya berasal dari Afrika. Mereka menggunakan bumbu-bumbu Afrika Barat dalam campuran adonannya sehingga menciptakan cita rasa yang baru bagi penduduk Amerika bagian selatan. Ayam goreng mulai dijual oleh pengusaha Afrika-Amerika sejak tahun 1730an dan berkembang semakin pesat hingga sekarang.

Kita di Indonesia juga memiliki ayam goreng bercita rasa tradisional yang tidak kalah nikmatnya dari ayam goreng dari Amerika, Cina maupun negara lainnya yang disebut ayam bumbu ungkep. Disebut ungkep karena dimasak dengan cara diungkep yaitu ditutup.
Menggunakan bumbu-bumbu rempah seperti ketumbar, kunyit, bawang putih, dan lain-lain membuat ayam goreng Jawa ini mempunyai cita rasa yang gurih dan nikmat.
Bahan membuat ayam goreng :
1. 5 siung bawang putih
2. 1 ruas kunyit
3. 1 btg sereh
4. 2 lbr daun jeruk
5. 3 sdm ketumbar
6. 5 sdm minyak untuk menumis
7. 1 lt air
8. Minyak untuk menggoreng ayam secukupnya.
Cara membuat ayam goreng :

Mula-mula haluskan bumbu kemudian tumis sampai mengeluarkan bau yang harum. Kemudian masukkan ayam dan tambahkan air. Masukkan sereh, daun jeruk, garam dan kaldu bubuk. Masak sampai kuah berkurang dan ayam matang.
Selanjutnya adalah menggoreng ayam dalam minyak panas sampai matang sempurna.

Ayam bumbu ungkep ini bisa disimpan di dalam frezzer untuk kita gunakan dikemudian hari. Selain digoreng, kita bisa mengolahnya menjadi masakan lain seperti ayam goreng mentega. Cara membuat ayam goreng mentega adalah dengan memotong ayam bumbu ungkep menjadi beberapa potong kecil ayam. Kemudian tumis bersama bawang putih cacah tambahkan sedikit air. Masukkan kecap manis aduk rata sampai bumbu meresap. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak sampai air habis. Tambahkan mentega dan daun bawang secukupnya.

Ayam goreng ini menggunakan bumbu ungkep juga bisa digunakan untuk membuat ayam goreng crispy. Cara membuat ayam goreng crispy adalah dengan menggunakan dua macam adonan, yaitu adonan basah dan adonan kering. Untuk adonan basah kita menggunakan tepung berbumbu yang dicampur dengan sedikit air hingga membentuk adonan yang sedikit kental. Mula-mula masukkan ayam ungkep kedalam adonan tepung basah, kemudian balurkan tepung kering. Tepuk-tepuk hingga tepung menempel pada daging ayam. Bila ingin mendapatkan kulit tepung yang tebal bisa diulang sekali lagi proses tersebut diatas. Kemudian diamkan sebentar di lemari es seama 15 menit dan ayam goreng crispy bisa segera digoreng dalam minyak panas yang banyak hingga matang kecoklatan. Untuk sisa adonan basah tepung, kita bisa membuat menjadi kremesan dengan mengoreng adonan tersebut pada minyak banyak dan panas. Kemudian ditaburkan pada ayam goreng .

Selain ayam goreng crispy, ayam bumbu ungkep ini juga bisa dimasak menjadi ayam bakar. Sebelum dibakar, ayam bumbu ungkep bisa diolesi dengan bumbu oles yang terdiri dari kecap, madu, bawang merah, dan garam. Bakar ayam sambil diolesi dengan bumbu sampai bumbu meresap sempurna.

sumber:
Kompas.com

What do you think?

Written by Nana Malik

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
cara membuat pizza

Cara Membuat Pizza yang Murah, dan Lezat

Ayam Goreng Tepung Krispi